PROPOSAL METODE RISET
Proposal Penelitian Rastoran Steak & Ribs Kenyot Corp
1. Tema Penelitian
Hubungan Antara Promosi & Pelayanan Terhadap Kepuasan dan Peningkatan Jumlah Pelanggan Restoran Steak & Ribs di tahun 2008
2. Latar Belakang
Dalam penelitian ini hal yang ingin dibuktikan adalah bagaimana pengaruh dari kegiatan promosi terhadap peningkatan pelanggan. Salah satu unsur paduan pemasaran yang berpengaruh terhadap perilaku pelanggan restoran adalah paduan pengelolaan produk dan promotion mix (Oktobriono, 2003). Pengelolaan produk lebih menekankan bahwa pelanggan memerlukan jenis-jenis dan fasilitas pelayanan tertentu seperti variabel kualitas makanan, jenis menu dan sajian makanan, hadiah dan pelayanan sedangkan promotion mix adalah variabel promosi yang menggunakan kombinasi iklan, sales promotion dan personal selling. Perkembangan restoran dewasa ini telah diwarnai dengan berbagai macam persaingan di segala bidang. Melihat kondisi tersebut menyebabkan pebisnis restoran semakin dituntut untuk mempunyai strategi yang tepat dalam memenuhi target volume penjualan. Mengingat perkembangan teknologi yang makin dinamis, manusia dituntut dengan cepat dan tepat untuk bertindak agar tidak kalah bersaing. Dalam meningkatkan persaingan masing-masing restoran harus dapat memenangkan persaingan tersebut dengan menampilkan produk yang terbaik dan dapat memenuhi selera konsumen yang selalu berkembang dan berubah-ubah, serta dengan pelayanan yang memuaskan.
3. Rumusan Masalah
Bahwa tujuan dari penelitian ialah adalah untuk meningkatkan jumlah pelanggan Restoran Steak & Ribs Kenyot Corp di tahun 2008. Bertitik tolak dari gambaran umum yang telah diberikan pada latar belakang masalah, maka timbul penelitian untuk meneliti adakah pengaruh faktor bauran pemasaran, yaitu Produk, Pelayanan, dan Promosi terhadap kepuasan dan peningkatan jumlah pelanggan Restoran Steak and Ribs Kenyot Corp.
4. Tujuan Penelitian
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pengaruh promosi terhadap kepuasaan dan peningkatan jumlah pelanggan di restoran Steak & Ribs Kenyot Corp.
5. Manfaat Penelitian
Sebagai informasi dalam usaha untuk meningkatkan jumlah pelanggan dan meningkatkan strategi penjualan.
6. Tinjauan Pustaka
Pemasaran suatu produk yang dibutuhkan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat pada dasarnya mengupayakan agar produk tersebut lebih dekat dengan konsumen.
7. Metodologi Penelitian
A. Objek Penelitian
Penelitian ini dilakukan oleh manajemen Restoran Steak and Ribs Kenyot Corp kepada seluruh pelanggan yang datang.
B. Metode Pengumpulan Data
Dengan menyebarkan kuesioner yang dijawab oleh responden (data primer).
C. Data / Variabel yang Digunakan
Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer. Data dari penelitian ini berasalkan dari hasil kuisioner yang ditujukan kepada para pelanggan. Sesuai dengan tujuan penelitian ini, variable yang akan diuji meliputi variable Dependen (Y) yaitu Kepuasan Konsumen dan variabel Independen (X) yaitu Produk (X1), Pelayanan (X2), dan Promosi (X3).
D. Teknik Pengumpulan Sampel
Dalam penelitian ini, kriteria non random yang digunakan adalah orang yang sedang makan (menyantap makanan) di Restoran Steak and Ribs Kenyot Corp.
E. Alat Analisis yang Digunakan
Metode alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode diskriptif, variabel pengukurannya menggunakan skala Likert dengan memberikan skor 1-5 untuk mengetahui derajat responden terhadap serangkaian pertanyaan yang terdapat dalam kuesioner dimana skala tersebut mempunyai susunan sebagai berikut:
Besar Bobot dan Kategori Penilaian
Bobot | Kategori |
1 | Sangat Tidak Puas (SP) |
2 | Tidak Puas (TP) |
3 | Biasa Saja (BS) |
4 | Puas (P) |
5 | Sangat Puas (SP) |
Menurut Supranto (2003), penggolongan kategori tiap indikator dihitung berdasarkan nilai yang diperoleh dari kuisioner dengan cara mengalikan besar bobot (nilai) pada kategori tertentu yang telah ditetapkan dengan jumlah responden yang menjawab masaing-masing kategori tersebut.
F. Model
Melakukan penelitian dilapangan dengan maksud untuk mendapat data yang sesuai dengan masalah yang hendak dibahas. Dan metode yang digunakan mendapat informasi. Dalam penelitian ini digunakan model penelitian deskriptif adalah model yang menggambarkan variabel baik variabel independent ataupun dependent.
8. Rancangan Analisis
Peneliti mengajukan suatu kerangka kerja konseptual dimana unsur-unsur promotion mix dihubungkan dengan jumlah kedatangan konsumen. Rancangan penelitian menunjukkan kegiatan yang dilakukan oleh peneliti mulai dari perumusan hipotesis sampai pada analisis data.
9. Kesimpulan
Berdasarkan hasil penelitian terhadap hasil kuesioner dari 35 responden dengan menggunakan skala likert, adapun hasil yang didapat berdasarkan penelitian tersebut yaitu kegiatan promosi dan kedatangan pelanggan mempunyai korelasi positif. Artinya kegiatan promosi akan mempengaruhi jumlah pelanggan yang datang. Kepuasaan konsumen perlu ditingkatkan dengan meningkatkan personal selling lebih baik lagi.
10. Usulan Strategi
- Restoran seharusnya memberikan pelatihan pada karyawan untuk memberikan pelayanan yang lebih baik lagi pada para konsumn.
- Restoran memberikan harga yang terjangkau yang dapat d jangkau oleh berbagai kalangan tetapi tetap mempertahankan kualitas dari makanan yang di sajikan
- Selalu menyajikan menu-menu baru agar para pelanggan tidak jenuh dengan makanan yang disajikan tetapi tetap mempunyai menu andalan sebagai ciri khas dari restoran Steak & ribs Kenyot Corp
- Memberikan dekorasi yang nyaman dan enak di pandang oleh mata
- membuat kotak saran dan kritik agar kepada para pelanggan yang telah datang untuk segera mengisi sehingga manajemen lebih tahu apa yag perlu diubah dan apa yang perlu ditambah lagi.
- menambah promosi dengan memberikan menu paket murah agar penjualan lebih banyak dan menambah minat pelanggan untuk datang kembali ke Restoran Steak and Ribs Kenyot Corp kembali.
Oleh Rahma Tri Suciati (10206756) / 3EA01
1 komentar:
Good work..... but your work didn't clearly describes research motivation and research model.
Rgds
Prihantoro
Posting Komentar