tugas metode riset
A N A L I S I S
Nama Pengarang : Dr. Harif Amali Rivai, SE., M.Si
Topik : Faktor Penentu Keputusan Konsumen
Judul : Identifikasi Faktor Penentu Keputusan Konsumen Dalam Memilih
Jasa Perbankan : Bank Syariah vs Bank Konvensional, maret 2001
Keyword : Syaria bank, conventional bank, consumer behavior, economic rationale
Alamat Jurnal : http://www.petra.ac.id/puslihat-216/journals/pdf
Latar Belakang
Perkembangan peran perbankan syariah di Indonesia tidak terlepasdari system perbankan di Indonesia secara umum. Peran bank syariah dalam memacu pertumbuhan perekonomian daerah semakin strategis dalam rangka mewujudkanstruktur perekonomian yang semakin berimbang.
Tujuan
Untuk mempertegas diferensiasi produk antara bank syariah dengan konvensional sehingga masyarakat yakin terdapat keunikan pada produk bank syariah.
Metodologi
Daerah penelitian ini meliputi 4 kabupaten / kota di wilayah Sumatra Barat
Sample penelitian ini terdiri dari 4 cluster, yaitu nasabah bank konvensional, nasabah bank syariah, nasabah bank konvensional dan syariah dan non nasabah.
Jumlah kuesioner yang didistribusikan berjumlah 310 set yang disebarkan langsung oleh surveyor pada lokasi pemilihan terpilih.
Analisis statistic deskriptif berupa silang, grafik, rata-rata dan frekuensi digunakan untuk mengetahui sikap dan prilaku masyarakat dalam memilih bank syariah
Analisis factor digunakan untuk mengetahui factor yang mempengaruhi prilaku masyarakat dalam memilih bank syariah dan konvensional
Pembahasan
Hasil penelitian ini menemukan bahwa terdapat perbedaan persepsi terhadap keberadaan bank syariah disbanding dengan bank konvensional.dari 124 responden nasabah bank konvensional sebanyak 51,4% menyatakan bahwa konsep bungabertentangan dengan ajaran agama. Hanya 29.8% dari jumlah responden yang menyatakan dengan tegas bahwa konsep bunga tidak bertentangan dengan ajaran agama. Sementara sisanya 18.5% berpendapat bahwa mereka tidak tahu, apakah bunga bertentangan dengan agama.
Kesimpulan
Perbankan syariah sudah tidak saatnya lagi mengandalkan spritual market yang hanya diisi oleh segmensyariah loyalist. Kecenderungan dimasa yang akan dating diperkirakan bahwa segmen yang digarap oleh bank syariah mulai bergeser dari syariah loyalist ke floating market. Hal ini disebabkan karena konsumen semakin rasional dengan tetap mengutamakan kualitas pelayanan.
0 komentar:
Posting Komentar